Selasa, 12 April 2011

Blogger Cerdas Postingan Berkelas



Blogger dimanapun pasti akan bangga kalau tulisannya banyak dibaca oleh orang. Terlebih tidak hanya di dalam negeri tapi juga diluar negeri. Tetapi untuk menjadi seorang blogger ternyata ada sopan santunnya. Sopan santun memang menjadi ciri khas bangsa kita sejak dulu. Walaupun kenyataannya sopan santun tersebut mulai memudar di bumi pertiwi saat ini.

Ada beberapa hal untuk menjadi seorang blogger yang baik dan tulisannya banyak dibaca oleh orang lain.:
  1. Berpikir Sebelum Posting. Maksudnya sebelum kita memposting tulisan kita di blog sebaiknya kita memikirkan baik dan buruknya postingan tersebut. Alangkah baiknya tulisan tersebut dapat memberi manfaat bagi orang banyak. Blogger yang cerdas biasanya memposting sesuatu yang berkelas.
  2. Cantumkan Sumber. Mencantumkan sumbernya apabila tulisan tersebut berupa saduran atau bukan tulisan sendiri. Untuk menghormati dan menghargai hasil pikiran dan karyanya. Walaupun ada beberapa blogger sudah senang apabila ada blogger lain memposting kembali tulisannya tersebut. Karena pada prinsipnya ide atau karya tersebut pemberian dari Sang Pencipta.
  3. Saling Berkunjung. Sesama blogger kita bisa saling bersilaturrahmi walaupun hanya di dunia maya antara satu blogger dengan blogger yang lain dengan cara menulis di chat box atau berkomentar diblogger orang lain.
  4. Komentar Yang Positif. Menjadi komentator memang kesenangan masyarakat kita. Tapi alangkah baiknya memberi komentar terhadap pemilik blog yang sifatnya positif dan memberikan saran yang membangun. Jangan saling menghina atau mencela.
  5. Jangan Mengacak-acak Blog Orang Lain. Walaupun banyak blogger yang kemampuannya sudah mahir tetapi kita sebaiknya jangan mengacak-acak blog orang lain. Mungkin ingin menunjukkan kemampuannya atau ada maksud tertentu tetapi alangkah bijaknya kita tidak mengganggu blog orang lain. Apabila blog tersebut berisi konten yang melanggar norma-norma yang berlaku di negara ini atau melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) atau menyinggung SARA sebaiknya kita melaporkannya kepada providernya.
Mudah-mudahan dengan postingan ini dapat memberi manfaat untuk kita semua sebagai blogger. Baik pemula (newbie) atau yang sudah mahir (Expert). 
Sumber : Klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar