Sabtu, 19 April 2014

WAY OF GOD - Part II

Cerita dikit tentang agama. As we now, walau gw pake nama morgan sebagai nama belakang, cuma nama gw aslinya cuma dua. Muhammad Luthfi. Udah gitu doang. Gak lebih. Dan pasti kalian bisa menyimpulkan dengan cepat kalau gw ini seorang muslim. Yak! Memang gw seorang muslim. Cuma gw bukan termasuk muslim yang taat. Gw mungkin bisa dikatakan muslim KTP.

Seperti muslim-muslim pada umumnya. Gw solat? Iya... gw solat. Puasa? iya gw puasa. Zakat? Alhamdulillah jalan. Bahkan naik haji pun termasuk salah satu cita-cita utama gw. Tapi enggak dengan ngaji. Gw belum bisa ngaji. Ini bukan salah orang tua gw. Emang gw aja yang males.

Sebenernya gw udah belajar ngaji dari gw SD. Gw sempet sampe iqro 6 waktu itu. Dan bentar lagi gw naik tingkat jadi baca alquran. Tapi, entah kenapa. Gw juga rada-rada lupa.
Tiba-tiba gw berhenti ngaji. Padahal gw ngerasa gak males di saat itu. Mungkin karna keasikan main sama temen kali ya... gw lupa pastinya. Dan semenjak itu gw bener-bener berhenti belajar baca alquran.

Gw jadi males. Ortu udah coba nawarin solusi untuk belajar ngaji di tempat yang baru. Tapi gw nolak. Gw bilang ke mereka gw bisa belajar sendiri (Karna gw udah iqro 6 waktu itu). Orang tua gw bukan tipikal yang suka paksa-paksa anak. Mereka lebih sering ngasih opsi ke gw. Dan gw yg memilih opsi. Tentu dengan arahan ortu pastinya. Kalo gw milih "A" gw bakal bla bla bla. Resiko nya bla bla bla. Begitu juga kalo milih "B" kmu akan bla bla bla dan sebagainya. Keluarga gw memang sangat democratic

Sampai akhirnya gw makin sibuk dengan jenjang akademik gw. Gw makin gak ada waktu untuk belajar ngaji. Waktu itu gw udah SMA. Gw ngerasa gw mau bisa baca alquran. Kemauam gw mulai tumbuh. Tapi, waktu mendesak keinginan gw. Gw terlalu sibuk. Sibuk sama segala urusan duniawi gw. Gw sampe malu sendiri. Waktu itu gw punya pemikiran yang sangat menyindir diri gw sendiri. Dan ini datang dari hati nurani gw berfikir seperti ini ;

"Gw bisa baca not balok di music sheet. Gw tau tanda baca dan segala macam aturannya. Untuk dimainkan di piano gw. Tapi gw belum kunjung bisa lancar baca alquran. Tanda baca, tajwid, jenis huruf. semuanya semi blank. Memalukan banget."

Masuk kuliah gw makin diberikan hembusan hidayah. Dalam agama gw hidayah itu semacam petunjuk langsung dari yang maha kuasa. Waktu itu gw tingkat satu. Semester satu. Gw ada pelajaran agama. Dan ternyata bagi mahasiswa muslim diwajibkan untuk bisa membaca alquran. "Mampus gw!" Hati gw berkata. Satu persatu mahasiswa di test baca alquran. Dan seperti yg kalian fikirkan dan tebak... waktu test gw gak lancar baca alquran. bahkan hancur. Hahaha... dosen agama gw cuma bisa geleng-geleng kepala ke gw. Dan gw? cuma bisa pasang senyum bego!.

Ternyata... sekelas gw ada tiga orang yang senasip kayak gw. Gak perlu gw sebutin namanya. Yang jelas waktu itu gw rada seneng karna ternyata buka gw doang yg belum bisa baca alquran. "Haha setan dasar... seneng kalo punya temen." Hati gw bicara sediri. Waktu itu dosen gw punya program bimbingan belajar alquran. Bagi mahasiswa yang belum bisa baca alquran diwajibkan untuk belajar secara intensif selama waktu kuliah.

Ada yang belum bisa pasti ada yang jago. Nah, yang jago baca alquran mereka ditunjuk untuk jadi mentor. Atau bisa dibilang guru ngaji. Hati gw sedikit malu memang... karna udah gede kok belum bisa ngaji?! Tapi sisi kedewasaan gw tergugah. Gw merenung sesaat. Mungkin ini memang jalan tuhan buat gw. Ini jawaban dari masalah gw tentang keagamaan. Gw mau bisa baca alquran. Dan ternyata ini jalan yang dibuat untuk gw. Gw bersyukur gw dikasih jalan. Gw kira gw bakal makin sibuk. Eh ternyata bisa. I'm gonna make it! Gw gak bakal sia-sia kan kesempatan emas ini.

Mentor gw di tingkat satu namanya Sofwan. Dia datang dari keluarga pesantren. ngajinya jangan ditanya. Mata di tutup pun bisa baca dia. Hahaha... lanjut ke tingkat dua gw ganti guru. Namanya Ely. Dia Lulusan SMA pesantren. Jadi gak diragukan lagi deh ilmu baca quran nya. Mereka berdua selalu sabar dan iklas setiap kali gw ajak belajar ngaji di waktu-waktu kosong perkuliahan. Gw cuma membalas dengan berdoa. Supaya mereka biar dikasih pahala yang berlipat-lipat ganda di akhirat kelak. Amin.

Sampai detik ini gw belajar. Gw udah iqro 4. Bentar lagi iqro 5. (Hahaha... gw emang mutusin ngulang dari iqro 1 biar bener-bener faham dan ngerti). Gw yakin. Setelah gw lulus kuliah gw udah bisa ngaji. Gw gak buta baca alquran. Dan gw bisa ajarin ke anak-anak gw kelak.

Gw bersyukur gw dapet Hidayah di usia gw yang masih bisa dibilang muda. Gw sama sekali gak menyesali apa yang terjadi didalam hidup gw. Semua ini pelajaran berharga untuk gw. Gw ngerti dan percaya bahwa Tuhan masih sayang sama gw. Walau gw hamba yang bergelimang dosa.

Selalu ada jalan. Selalu ada harapan. Allah selalu disisimu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar