Rabu, 19 Oktober 2011

Sejarah Hamburger (My Favorid Food)

Yummy....
Makanan hamburger atau yang biasa dikenal dengan sebutan burger sudah tidak asing lagi ditelinga kita, makanan bukan asli indonesia ini cukup dikenal oleh orang indonesia, meskipun tidak semua orang indonesia pernah memakannya, paling tidak tau rupa dan bentuk hamburger ini. bagaimana tidak ? meskipun makanan ini bukan makanan asli indonesia, tapi di indonesia sudah cukup banyak yang menyediakan makanan ini, di layar televisi pun juga sering muncul iklan hamburger, di Indonesia yang cukup dikenal salah satunya adalah McD.
hambuger merupakan makanan cepat saji yang bahannya adalah berupa roti berbentuk bundar yang dibelas menjadi dua kemudian dibagian tengahnya diisi dengan daging dan sayuran misalnya tomat, selada, bawang bombay, hamburger juga dilengkapi dengan saus, beberapa jenis burger ada juga yang ditambahkan dengan asinan, keju, dan juga bahan pelengkap lain.
sejarah hamburger dan penemunya, berdasarkan kutipan dari wikipedia terdapat beberapa versi
sejarah hamburger versi yang pertama, makanan hamburger ini dulu pada mulanya adalah makanan khas
dari bangsa Tartar, makanan ini berupa daging cincang yang disantap tanpa dimasak atau dimakan mentah-mentah dan hanya diberi perasan jeruk. perlu anda ketahui, bangsa tartar adalah bangsa nomade yang sering melakukan perjalanan jauh dengan menunggang kuda, sering terjadi daging yang mereka bawa menjadi keras dan tidak layak untuk dimakan, kemudian mereka mencoba mengakalinya dengan meletakkan daging yang mereka bawah itu di bawah sadel kuda mereka. setelah melakukan perjalanan jauh ternyata daging itu masih dalam keadaan hangat dan tidak menjadi dingin, kemudian daging itu langsung saja dimakan tanpa dimasak dan hanya diberi dengan perasan jeruk nipis
seiring berjalanannya waktu, kemudian makanan yang terkenal lezat dari Asia Tengah ini dibawa oleh para pelaut Eropa pulang ke negaranya, tepatnya di kota Hamburg. masyarangkat di Hamburg pada umumnya mengganggap bahwa diri mereka adalah bangsa yang beradab, tentunya mereka menolak memakan daging yang mentah atau belum dimasak, maka daging khas Tartar tersebut mereka masak terlebih dahulu sebelum disantap dengan cara dibakar atau digoreng, ternyata masakan ini snagat disukai berbagai orang. tapi sampai saat ini sebagian orang tetap lebih menyenangi menyantapnya mentah-mentah. dari sinilah asal mula daging burger.
sejarah hamburger versi kedua, Menurut para penduduk hamburg, New York, sebuah kawasan yang dibei nama seperti kota Hamburg di Jerman, makanan ini ditemukan oleh dua bersaudara dari Ohio, Frank dan Charles Menches, menurut legenda, mereka merupakan penjaja makanan di pinggir jalan yang menjual sandwich, karena suatu hari mereka kehabisan sosis, maka mereka menggunakan daging sapi cincang sebagai pengganti sosis untuk isi dari sandwich mereka. Dan penggunaan daging sapi ini ternyata ditanggapi dengan baik oleh konsumen mereka.
sejarah hamburger versi ketiga, Menurut Komunitas Sejarah Seymour di Winconsin, mereka menyebutkan nama Charlie Nagreen sebagai pencipta hamburger. Nama Charlie Nagreen sekarang identik dipanggil “Hamburger Charlie”. Ia berjualan sandwich yang diisi dengan bakso saat ia berusia 15 tahun di Seymour Fair pada tahun 1885. Karena jualannya kurang sukses, ia menemukan sebabnya, karena pelanggan tidak dapat berjalan berkeliling sambil makan, maka ia memipihkan bakso yang dijualnya dan meletakkannya di antara irisan roti, ternyata hal ini sukses dan mampu menarik perhatian konsumen, karena hidangan Hamburg Steak amat populer saat itu, Charlie Nagreen pun memberi nama Hamburger pada penganan temuannya itu. Sejak itu ia selalu kembali tiap tahun ke Seymour Fair untuk berjualan hamburger, sampai saat kematiannya pada tahun 1951.
sejarah hamburger versi keempat, Menurut Kongres Perpustakaan Amerika dan Pemerintahan Connecticut, hamburger pertama dijual pada tahun 1895 oleh Louis Lassen di rumah makannya, Louise’s Lunch di New Haven, Connecticut, Majalah New York mengemukakan bahwa awalnya makanan ini tak diberi nama, hingga saat beberapa pelaut dari Hamburg singgah ke restoran itu dan menamai menu tersebut hamburger.
sejarah hamburger versi kelima, menurut seorang sejarahwan dari Texas, yaitu Frank.X.Tolbert menyatakan bahwa penemuan hamburger dilakukan oleh Fletcher Davis dari Athens, Texas. Ia percaya bahwa Davis mulai menjual hamburger di kiosnya di Athens sejak akhir tahun 1880an, dan memperkenalkan hamburger ke St.Louis Fair pada tahun 1904.
itulah sedikit wacana tentang sejarah hamburger, semoga bermanfaat bagi anda, khususnya bagi anda penggemar makanan hamburger, jadi tidak hanya suka makanannya, tapi juga tahu sejarahnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar